Kupia Gusdurian kenalkan Perspektif HAM ala Gus Dur


Dalam rangka peringati Hari Hak Asasi Manusia, Komunitas Gusdurian Gorontalo gelar Kajian Utama Pemikiran  (KUPIA) Gus Dur, bertajuk ; ' Gus Dur dan Hak Asasi Manusia'  bertempat di Sekretariat Paguyuban Buol di Gorontalo, Jumat, (20/I2/20I9).

Pada diskusi seri kedua tersebut menghadirkan Koordinator Gusdurian Gorontalo Djemi Radji. Dalam pemparannya, Djemi mengatakan bahwa diskusi ini merupakan ruang untuk berbagi gagasan-gagasan Gus Dur terkait Hak Asasi Manusia.

Selain itu, ia juga memaparkan bagaiman Gus Dur dengan gigih memperjuangkan hak-hak kaum tertindas seperti Ahamdiyah dan Simpatis Partai Komunis Indonesia. Kasus-kasus persekusi terhadap kelompok Ahmadiyah sering terjadi dan memakan sejumlah korban, Gus Dur menjadi garda terdepan memastikan hak-hak mereka.



Pembatasan ruang gerak dan hidup para simpatisan PKI, Gus Dur bahkan mencabut Tap MPRS tetang pembubaran PKI dan penyebaran ajaran marxisme, komunis dan leninisme. Hal tersebut diungkapkan Djemi, Gus Dur tidak sedang membela mereka, melainkan memastikan hak-hak warga yang negara yang dirampas

"Jika kita melihat kebelakang, Gus Dur itu tidak sedang membela Ahmadiyah dan PKI, melainkan memastikan hak hidup, hak berkumpul dan berkeyakinan seperti yang telah diamanhkan oleh UU. Sikap Gus Dur sangat mendasar. Dan jika kita lihat dari aspek teologis, Gus Dur sedang mengingatkan kita, bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang terus memuliakan manusia lainnya, tanpa membeda-bedakan. Karena menistkan manusia sama halnya menistakan sang penciptanya," papar Djemi.

Diskusi yang dimulai pada pukul I5.40 Wita tersebut dihadiri puluhan perserta dari berbagai organisasi paguyuban dan kepemudaan. Beberapa peserta yang hadir berharap, diskusi terkait pemikiran Gus Dur ini akan terus digelar disetiap paguyuban Mahasiswa di Gorontalo (***)

Kupia Gusdurian kenalkan Perspektif HAM ala Gus Dur Kupia Gusdurian kenalkan Perspektif HAM  ala Gus Dur  Reviewed by KGD Gorontalo on December 20, 2019 Rating: 5

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.